KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL
Link Chatbot, Klik: 👉chatbot-edikur
Materi Pokok : Konsep Berpikir Komputasional
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menganalisis masalah kompleks, mengurainya menjadi bagian-bagian lebih kecil, dan merancang solusi algoritmik yang efektif dan efisien.
Lembar Kerja Siswa:
Instruksi: Tugas siswa adalam mengisi bagian yang bertanda "...."
Nama Kelompok: ...........
Anggota Kelompok:
...
...
…
…
Kelas: X… (Isi dengan identitas kelas yang sesuai)
Materi: Konsep Berpikir Komputasional
Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan ini, kalian akan belajar menerapkan empat pilar Berpikir Komputasional (Dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi, dan Algoritma) untuk memecahkan masalah sehari-hari. Kalian juga akan menggunakan Google Gemini atau Chat GPT sebagai alat bantu untuk menyusun algoritma yang efektif.
Petunjuk: Buka aplikasi Google Gemini atau Chat GPT di perangkat kalian.
Minta KA menjelaskan konsep Dekomposisi, dengan bantuan prompt di bawah ini. (Pada kertas kerja anda, tuliskan Prompt dan Jawaban dari KA)
Prompt: "Jelaskan konsep Dekomposisi dan berikan contoh nyata dari kehidupan sehari-hari."
Tuliskan jawaban yang diberikan KA: ....
Minta KA menjelaskan konsep Pengenalan Pola.
Prompt: "Apa itu Pengenalan Pola dalam Berpikir Komputasional? Beri contoh."
Tuliskan jawaban yang diberikan KA: ....
Minta KA menjelaskan konsep Abstraksi.
Prompt: "Berikan penjelasan tentang Abstraksi dalam konteks problem solving."
Tuliskan jawaban yang diberikan KA: ....
Minta KA menjelaskan konsep Algoritma.
Prompt: "Jelaskan apa itu Algoritma dan bagaimana cara menyusunnya."
Tuliskan jawaban yang diberikan KA: ....
Masalah: "Merencanakan kegiatan makan siang bersama teman-teman."
Tugas kalian adalah menerapkan empat pilar Berpikir Komputasional untuk merancang solusi dari masalah di atas.
Langkah 1: Dekomposisi
Uraikan masalah "merencanakan makan siang" menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola.
Langkah 1: ....
Langkah 2: ....
Langkah 3: ....
Langkah 4: ....
Langkah 2: Pengenalan Pola dan Abstraksi
Identifikasi pola yang berulang dan abaikan detail yang tidak penting.
Pola yang kalian temukan:
Contoh: Semua teman memiliki preferensi makanan.
Pola 1: ....
Pola 2: ....
Abstraksi (informasi yang tidak relevan):
Contoh: Warna baju yang dipakai teman.
Informasi 1: ....
Informasi 2: ....
Langkah 3: Menyusun Algoritma
Susunlah langkah-langkah yang sudah kalian dekomposisi menjadi sebuah algoritma yang terstruktur. Tuliskan algoritma awal kalian di bawah ini.
Algoritma Awal:
Mulai
Langkah 1: ...
Langkah 2: ...
Langkah 3: ...
Selesai
Langkah 4: Perbaikan Algoritma dengan Bantuan KA
Gunakan Google Gemini atau Chat GPT untuk memeriksa algoritma kalian.
Prompt: "Saya punya algoritma untuk [masalah kalian]. Tolong periksa dan berikan masukan agar lebih efisien. Berikut algoritmanya: [salin algoritma kalian di sini]."
Saran Perbaikan dari KA: ...
Algoritma Akhir (setelah diperbaiki):
Mulai
Langkah 1: ...
Langkah 2: ...
Langkah 3: ...
Selesai
Jawablah pertanyaan berikut secara mandiri.
Menurut kalian, mengapa kolaborasi dengan AI penting dalam menyusun sebuah algoritma?
Apa tantangan terbesar yang kalian hadapi saat menerapkan Berpikir Komputasional, dan bagaimana kalian mengatasinya?
Materi Pokok : Menerapkan Konsep Berpikir Komputasional
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menganalisis masalah kompleks, mengurainya menjadi bagian-bagian lebih kecil, dan merancang solusi algoritmik yang efektif dan efisien dengan menerapkan empat pilar berpikir komputasional.
Lembar Kerja Siswa:
Instruksi: Tugas siswa adalam mengisi bagian yang bertanda "...."
A. IDENTITAS KELOMPOK
Nama Kelompok : .................................................................
Anggota Kelompok :
.................................................................
.................................................................
.................................................................
.................................................................
.................................................................
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui LKPD ini, kalian diharapkan mampu menganalisis masalah kompleks, mengurainya menjadi bagian-bagian lebih kecil, dan merancang solusi algoritmik yang efektif dan efisien dengan menerapkan empat pilar berpikir komputasional.
C. PETUNJUK KERJA
Bacalah doa sebelum memulai kegiatan.
Ikuti setiap langkah kerja dengan teliti dan cermat.
Bekerjasamalah dengan seluruh anggota kelompokmu dalam menyelesaikan setiap tugas.
Gunakan perangkat (laptop/smartphone) dan aplikasi Kecerdasan Artifisial (Gemini/ChatGPT) sesuai instruksi.
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom-kolom yang telah disediakan.
Jika ada hal yang kurang dipahami, tanyakan kepada gurumu.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PROYEK
Langkah 1: Eksplorasi Konsep dengan Kecerdasan Artifisial (KA)
Buka aplikasi Gemini atau ChatGPT, lalu gunakan prompt di bawah ini untuk memahami konsep dasar Berpikir Komputasional.
Prompt untuk KA:
"Jelaskan 4 pilar berpikir komputasional (Dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi, dan Algoritma) dengan bahasa yang mudah dipahami untuk siswa SMA. Berikan contoh nyata untuk setiap pilar dalam konteks kehidupan sehari-hari".
Berdasarkan jawaban dari KA, isilah titik-titik di bawah ini:
Dekomposisi:
Definisi Singkat Menurut Pemahaman Kelompokmu: ..............................
Contoh nyata dari jawaban KA: .....................
Pengenalan Pola:
Definisi Singkat Menurut Pemahaman Kelompokmu: ..............................
Contoh nyata dari jawaban KA: .....................
Abstraksi:
Definisi Singkat Menurut Pemahaman Kelompokmu: ..............................
Contoh nyata dari jawaban KA: .....................
Algoritma:
Definisi Singkat Menurut Pemahaman Kelompokmu: ..............................
Contoh nyata dari jawaban KA: .....................
Langkah 2: Studi Kasus - Pemecahan Masalah
Masalah:
"Kelompok kalian ditugaskan untuk merencanakan kegiatan makan siang bersama satu kelas di luar sekolah dengan budget terbatas."
Terapkan 4 pilar berpikir komputasional untuk memecahkan masalah ini.
a. DEKOMPOSISI (Memecah Masalah)
Identifikasi dan tuliskan minimal 5 sub-masalah atau tugas-tugas kecil yang harus diselesaikan agar rencana makan siang bersama bisa terwujud!
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
(Boleh ditambah jika ada)
b. PENGENALAN POLA & ABSTRAKSI (Fokus pada Hal Penting)
Pengenalan Pola: Dari sub-masalah yang kalian tulis, adakah pola, kesamaan, atau aturan berulang yang bisa kalian temukan? (Contoh: Setiap orang punya preferensi makanan, setiap keputusan butuh voting, dll.)
................
................
................
(Boleh ditambah jika ada)
Abstraksi: Sekarang, abaikan detail yang tidak penting untuk tahap perencanaan ini. Tuliskan minimal 2 hal yang bisa diabaikan sementara!
.................
.................
.................
(Boleh ditambah jika ada)
c. ALGORITMA (Menyusun Langkah Solusi)
Susunlah langkah-langkah solusi yang logis dan berurutan (algoritma) untuk melaksanakan rencana makan siang bersama. Tuliskan dalam bentuk daftar bernomor!
(Draf Algoritma Awal)
..........
..........
..........
..........
..........
(Lanjutkan sesuai kebutuhan)
Langkah 3: Validasi dan Iterasi dengan KA
Salin Draf Algoritma Awal yang telah kalian buat, lalu gunakan prompt berikut pada Gemini/ChatGPT untuk mendapatkan masukan.
Prompt untuk KA:
Kami membuat algoritma untuk 'merencanakan makan siang bersama'. Ini langkah-langkahnya: [Salin & tempel Draf Algoritma Awal kalian di sini]. Menurutmu, apakah algoritma ini sudah logis, efisien, dan lengkap? Berikan saran perbaikan jika ada.
Tuliskan Saran/Masukan dari Kecerdasan Artifisial (KA) di bawah ini:
Berdasarkan masukan dari KA dan diskusi kelompok, tuliskan Algoritma Final kalian di bawah ini:
(Algoritma Final Setelah Perbaikan)
.................
.................
.................
.................
..................
(Lanjutkan sesuai kebutuhan)
EVALUASI INDIVIDU:
Selesaikan soal berikut ini! Klik: link soal
Disarankan bekerja berkelompok, karena jika sendiri itu berat dekkk🙂
jangan ya dek, yaaa!!!